Rumor Soal iPhone 8 Akan Punya Desain Baru Berbalut Kaca

iphone-8

Belum redup perbincangan soal iPhone 7 di internet, kini mulai beredar rumor soal iPhone 8. Ponsel berikutnya itu digadang-gadang meluncur pada September 2017 mendatang.

Kabar awal soal iPhone 8 datang dari pegawai Apple yang enggan disebut identitasnya. Ia mengatakan flagship itu bakal mengusung desain yang benar-benar baru.

Baca juga : Cara Jitu Tendangan bebas PES 2017, Cara hebat tendangan free kick PES 2017, Trik Menarik Tendangan bebas PES 2017

Hal ini diiyakan analis kawakan dari KGI Securities, Ming-Chi Kuo, yang kerap benar dalam memprediksi spesifikasi perangkat elektronik. Ia mengatakan iPhone 8 bakal berbalut kaca di bagian depan dan belakang, serta dibingkai dengan metal.

“Balutan yang semuanya kaca belum memungkinkan untuk teknologi sekarang. Makanya perlu ada bingkai metal sebagai pondasi struktur desain,” kata dia.

Selain itu, Kuo mengatakan Apple sedang mempertimbangkan untuk mengganti pelindung kaca 3D pada iPhone 7 menjadi 2.5D pada iPhone 8. Menurut Kuo, kaca 2.5D lebih tahan lama menghadang goresan dibandingkan 3D, ditilik dari potongan lengkungannya.

Baca juga : Cara Mudah membuat Android Support USB OTG, Cara jitu membuat Android Support USB OTG, Cara simple membuat Android Support USB OTG

Langkah besar Apple mengubah desain pada iPhone 8 dikatakan terinspirasi pada popularitas iPhone 7 varian Jet Black. Menurut survey KGI, model Jet Black berkontribusi pada 30 hingga 35 persen penjualan iPhone 7.

Hal ini mengindikasikan bahwa pecinta Apple bersemangat menyambut perubahan-perubahan yang dibawa Apple. Mungkin desain berbalut kaca pada sisi depan dan belakang iPhone 8 juga menjadi strategi untuk memelihara antusiasme para fanboy.

Meski demikian, omongan pegawai Apple dan Kuo belum bisa dipastikan karena belum ada konfirmasi resmi dari pihak pabrikan Cupertino.

baca juga : Trik Dribbling Jago Gocek PES 2017, Tips Dribbling Jago Gocek PES  2017, Cara Dribbling Jago Gocek PES 2017

Sekarang Giliran iPhone 7 yang Terbakar

iphone-7-terbakar

iPhone 7 adalah gadget yang sedang tren saat ini, gedget tersebut jadi banyak perbincangan masyarakat luas karena design dan fitur yang menarik yang ada di iPhone 7. Namun disayangkan setelah ramai kasus Samsung Galaxy Note 7 meledak dan terbakar, kini giliran iPhone 7, yang juga baru dijual oleh Apple, dikabarkan mengalami hal sama.

Seorang pengguna di situs forum Reddit mengunggah beberapa foto penampakan iPhone 7 miliknya yang hangus. Si pemilik iPhone 7 tersebut mengunggah foto yang memiliki nama akun kroopthesnoop itu mengatakan bahwa iPhone 7 matte black tersebut hangus bukan saat diisi ulang baterainya melainkan sudah hangus dari dalam kotaknya.

baca juga : Trik Dribbling Jago Gocek PES 2017, Tips Dribbling Jago Gocek PES  2017, Cara Dribbling Jago Gocek PES 2017

iPhone 7 tersebut sudah dalam kondisi demikian bahkan saat ia baru membuka kotaknya.
Saat ditanya oleh pengguna forum Reddit lain, mengapa iPhone 7 itu bisa hangus, kroopthesnoop tidak bisa memberikan jawaban secara pasti.

“Tidak tahu pasti apa penyebabnya, kejadiannya mungkin berlangsung saat pengiriman dari pabrik,” katanya.

Baca juga : Cara Jitu Tendangan bebas PES 2017, Cara hebat tendangan free kick PES 2017, Trik Menarik Tendangan bebas PES 2017

Foto yang diposting oleh kroopthesnoop menunjukkan kotak kardus iPhone 7 bagian dalam memang ikut hangus.

Bagaimanapun, karena masih sedikit detil yang bisa diungkap, kejadian ini masih menyisakan tanda tanya, apa benar iPhone 7 meledak saat pengiriman?
Apple selaku pabrikan pembuat iPhone 7 belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait insiden ini.

Baca juga : Cara Mudah membuat Android Support USB OTG, Cara jitu membuat Android Support USB OTG, Cara simple membuat Android Support USB OTG

GoPro Launchingkan Hero 5 Black dan Hero 5 Session

Setelah absen dua tahun, GoPro akhirnya merilis produk kamera aksi baru. Tidak tanggung-tanggung, perusahaan asal Amerika Serikat itu langsung merilis dua kamera aksi baru seri Hero 5.

Seri Hero 5 terakhir diperkenalkan GoPro pada tahun 2014 lalu. Kini, di tahun 2016, seri baru Hero 5 yang diperkenalkan oleh GoPro adalah Hero 5 Black dan Hero 5 Session. Hero 5 Black dan Hero 5 Session memiliki banyak kesamaan terkait spesifikasi dan fitur.

Sebagai contoh, keduanya dikatakan mampu merekam video berkualitas 4K di kecepatan 30 frame per detik. Keduanya juga mampu bertahan dan bekerja di bawah air, tanpa perlu aksesori pelindung, hingga kedalaman 10 meter.

baca juga : download pes 2017 androidcara instal pes 2017 android , cara download pes 2017
Kesamaan lainnya, hadirnya fitur perintah berbasis suara. Keduanya telah mendukung tujuh bahasa dalam peluncuran ini. Selain itu, hadir juga microphone stereo di masing-masing kamera.

GoPro juga menambahkan fitur image stabilization, fitur ini sebelumnya tidak pernah ada di lini kamera-kamera aksi GoPro. Kemungkinan, fitur ini hadir untuk melawan kemampuan serupa di kamera aksi Sony yang juga baru dirilis.

Sementara dari segi perbedaannya, Hero 5 Black memiliki sensor kamera 12 megapiksel, lengkap dengan layar LCD 2 inci berteknologi layar sentuh (touchscreen). Produk yang satu ini juga sudah dilengkapi GPS dan kemampuan mengambil gambar format RAW, serta video Wide Dynamic Range (WDR).

baca juga : kumpulan aplikasi edit foto keren, download aplikasi edit foto gratis, aplikasi edi foto android terbaru

Sementara itu, Hero 5 Session yang dilengkapi sensor kamera 10 megapiksel menjadi versi spec-down dari Hero 5 Black. Pasalnya, Hero 5 Session tidak dilengkapi layar, tanpa GPS, RAW, dan WDR.

GoPro Hero 5 Black bakal dijual dengan harga 399 dollar AS atau sekitar Rp 5,2 juta. Sedangkan, GoPro Hero 5 Session dijual dengan harga lebih murah, 299 dollar AS atau sekitar Rp 3,9 juta karena spesifikasinya diturunkan.

Kedua kamera GoPro Hero 5 terbaru itu akan dipasarkan di AS mulai 2 Oktober mendatang. Belum diketahui kapan duo GoPro 5 bakal hadir di Indonesia.

Microsoft Rilis Nokia 216

Ponsel Nokia masih melanjutkan hidup di bawah Microsoft. Raksasa teknologi itu minggu ini memperkenalkan Nokia 216, sebuah feature phone baru yang dibanderol murah meriah.

Nokia 216 merupakan ponsel “basic” dengan layar QVGA 2,4 inci, kamera depan dan belakang dengan resolusi 0,3 megapiksel, keypad numerik, dan sistem operasi Series 30.

Dirangkum KompasTekno dari The Verge, Nokia 216 rencananya bakal dijual seharga 37 dollar AS atau tak sampai Rp 500.000 saat mulai dijual di India bulan depan. Meski begitu, tidak diketahui kapan ia akan hadir di pasar Tanah Air.

baca juga : cara jitu menambah followers instagram , cara memperbanyak followers instagram tanpa following , cara jitu memperbanyak followers

“Nokia 2016 yang baru memadukan fitur-fitur hiburan dan pengalamanonline modern dengan user experience yang familiar,” sebut Microsoft dalam laman pengenalan ponsel tersebut di situs resminya.

Microsoft mengakuisisi divisi ponsel Nokia pada 2014 lalu dengan nilai 7,2 miliar dollar AS atau setara Rp 96,8 triliun.

Meski masih aktif menelurkan model-model feature phone, Microsoft dikabarkan tak lagi mengembangkan smartphone seri Lumia dan bakal mematikan brand tersebut di akhir 2016.

baca juga : cara mendapatkan pikachu , cara mudah mendapatkan pikachucara mudah mendapatkan pokemon legendaris
Akan halnya Nokia, pabrikan asal Finlandia yang sempat merajai industri ponsel ini sedang berupaya melakukan comeback ke pasarsmartphone dengan mengembangkan handset Android.

Smartphone Android baru dari Nokia diproduksi melalui kemitraan dengan anak usaha Foxconn dan diprediksi bakal diumumkan secara resmi pada kuartal ke-IV tahun ini.

baca juga : kumpulan formasi th 9 coc , formasi base th 9 coc , formasi th 9

Samsung Z2 Dijual di Indonesia

Samsung Z2, smartphone bersistem operasi Tizen, akhirnya hadir di Indonesia setelah diluncurkan di India pada akhir Agustus lalu. Ini merupakan smartphone ketiga Samsung yang berbasis Tizen.

Kehadiran Samsung Z2 di pasar Indonesia terendus lewat iklan perangkat tersebut yang diunggah di akun resmi Samsung Indonesia di YouTube.

baca juga : cara jitu menambah followers instagram , cara memperbanyak followers instagram tanpa following , cara jitu memperbanyak followers

Melalui tayangan iklan itu, Samsung hendak menegaskan bahwa Z2 merupakan solusi cerdas masa kini. Pasalnya, Z2 sudah mendukung aktivitas maya standar seperti chatting, media sosial, hingga membidik selfie.

“Muka masa kini, HP masa gitu?” kata seorang nenek dalam iklan Samsung tersebut. Si nenek heran melihat ada anak muda yang masih menggunakan ponsel zaman dulu berlayar hitam-putih. Padahal, sekarang sudah banyak smartphone berkualitas yang harganya murah seperti Samsung Z2.

Samsung Z2 merupakan smartphone dengan layar WVGA 4 inci yang ditenagai prosesor quad-core Speadtrum SC9830. Kapasitas RAM-nya 1 GB dipadankan dengan memori 8 GB yang bisa diekspansi dengan memanfaatkan slot microSD.

Untuk kamera, ponsel yang menyasar emerging market ini memercayakan pada sensor berkualitas 5 megapiksel (utama) dan VGA(selfie). Ponsel ini berjalan pada sistem operasi Tizen 2.4 buatanSamsung sendiri. Baterainya berkapasitas 1.500 mAh.

baca juga : kumpulan aplikasi edit foto keren, download aplikasi edit foto gratis, aplikasi edi foto android terbaru

Perangkat Samsung berbasis Tizen memang diperuntukan bagi masyarakat kelas menengah ke bawah. Distribusi pemasarannya pun cuma di negara-negara berkembang. Mulanya Z2 hadir di India dan Afrika Selatan. Setelah Indonesia, Z2 kabarnya bakal diboyong ke Kenya.

Presiden Xiaomi Tak Sengaja Beberkan Mi 5s Plus

Presiden sekaligus salah satu pendiri Xiaomi, Lin Bin, tak sengaja mengungkap keberadaan smartphone terbaru Mi 5s Plus dalam kicauan yang diunggahnya ke akun media sosial Weibo.

Kicauan yang diunggah Bin sebenarnya sama sekali tak menyebutkan soal Mi 5s Plus. Saat itu, dia justru sedang membalas postingan dari pengguna Weibo lain.

Informasi tersebut baru akan ketahuan jika mengamati bagian detail informasi yang berisikan
tanggal, waktu, hingga jenis gadget yang dipakai untuk mengunggah kicauan tersebut.

baca juga : cara jitu menambah followers instagram , cara memperbanyak followers instagram tanpa following , cara jitu memperbanyak followers

tertulis keterangan bahwa Bin mengunggah kicauan itu menggunakan smartphone bernama Mi 5s Plus.

Akan tetapi, bisa saja informasi tersebut hanyalah sebuah hasil editanfoto saja. Informasi sebenarnya baru akan ketahuan pada saat perangkat tersebut diluncurkan nanti.

Desas-desus yang beredar membeberkan bahwa smartphone ini memiliki layar yang melengkung di bagian ujungnya. Layar tersebut berbentang 5,7 inci.

Bocoran informasi lain menyebutkan hadirnya “otak” pemrosesan Snapdragon 821, memori internal 256 GB, dan RAM 6 GB.

Selain itu, santer kabar yang mengatakan bahwa ponsel itu terdiri dari dua versi, yaitu Mi 5S dan Mi 5S Plus yang sudah disebutkan di atas.

Perbedaan antra kedua versi tersebut hanyalah soal kapasitas memori internal dan harga masing-masing ponsel.

baca juga : cara mendapatkan pikachu , cara mudah mendapatkan pikachucara mudah mendapatkan pokemon legendaris
Mi 5s digosipkan memiliki memori internal 64 GB, dengan banderol harga 1999 yuan atau setara Rp 3,9 juta. Sementara itu, Mi5s Plus akan dijual dengan harga mencapai 2999 yuan atau sekitar Rp 5,8 juta. Namun belum ada kepastian apapun mengenai prediksi ini.

Coolpad Max, Android dengan Dua Nomor WhatsApp

Coolpad, salah satu vendor pendatang baru dari Negeri Tirai Bambu, merilis ponsel seri Max pada medio Mei lalu. Ponsel ini dibekali sejumlah fitur yang menarik, kinerja yang mulus dan “ruang pribadi” yang bisa dipakai untuk mengaktifkan nomor WhatsApp kedua.

Selama KompasTekno menjajal Coolpad Max, fitur yang paling menarik adalah Dual Space. Sesuai dengan namanya, fitur ini berguna untuk menciptakan dua ruangan dengan isi berbeda, dalam satu ponsel.

Selain itu, secara kinerja, ponsel ini tergolong mulus. KompasTeknosama sekali tak menemukan kendala saat pengoperasiannya, baik dalam hal bermain game atau bekerja.

Kamera pun bisa menghasilkan foto yang cukup bagus, dengan syarat kondisi pencahayaan melimpah. Bila memotret dalam kondisi kurang cahaya (low light), pengguna bisa mengatur exposure secara manual, baik dengan cara memperlambat shutter speed atau meningkatkan ISO.

baca juga : cara mendapatkan pikachu , cara mudah mendapatkan pikachucara mudah mendapatkan pokemon legendaris
Untuk pemotretan manual dengan shutter speed lambat, ada baiknya pengguna memasang ponsel pada tumpuan tertentu agar stabil dan tidak bergetar. Misalnya, bisa memakai tripod khusus ponsel.

Soal kekurangan, KompasTekno sempat menemukan masalah pada foto yang disimpan di memori internal. Usai dipotret, bahkan dua-tiga hari setelahnya, foto masih bisa dilihat dan utuh. Namun selang dua pekan kemudian, ada sejumlah foto yang rusak, tidak dapat dibuka dan hanya menampilkan warna hitam.

Namun selama kami memakai Coolpad Max, selama lebih kurang sebulan, hanya sekali saja terjadi hal itu. Hanya 10 foto saja yang rusak, sedangkan sisanya, sebanyak lebih dari 40 foto yang lebih lama atau baru, tetap bisa dibuka tanpa kendala sama sekali.

baca juga : kumpulan stiker bbm gratis anpa root, cara download stiker bbm gratis tanpa toot, kumpulan stiker bbm gratis 2016

Lebih lengkapnya, KompasTekno pada Rabu (14/9/2016) merangkum seluruh pengalaman memakai Coolpad Max di bawah ini,

Desain

Tidak ada yang khusus atau khas pada desain Coolpad Max. Malah sekilas, pengguna justru mendapatkan kesan desin ponsel ini mirip dengan iPhone. Satu perlu dicatat, meski desain yang “ikut-ikutan” itu kurang bagus, kinerja ponsel ini tidak bisa diremehkan atau dinilai dari tampilan luarnya saja.

Lebih lanjut soal desain, bagian depan ponsel tak memiliki tombol fisik sama sekali. Navigasi back, home dan recent apps diakses melalui tombol virtual yang muncul di bagian dasar tampilan layar ponsel.

Ketiga tombol itu pun bisa disembunyikan agar tidak terlihat sama sekali. Dalam kondisi tersembunyi ini, pengguna cukup mengusap layar dari bagian bawah ke arah atas untuk memunculkan ketiga tombol virtual.

Sementara itu di bagian kiri-kanan Coolpad Max masih terdapat tombol fisik. Di tepi kanan ponsel terdapat tombol pengaturan volume, sedangkan di tepi kiri ponsel tombol daya berjajar dengan slot kartu SIM.

Di bagian tepi bawah terdapat dua grill speaker dan sebuah port Micro USB untuk mengisi daya. Kendati terlihat ada dua grill, Coolpad Max sebenarnya cuma memiliki satu speaker saja. Letaknya di balik grillbagian kiri ponsel.

Bila menelungkupkan ponsel ini, pengguna akan menemukan kamera utama, LED Flash dan sebuah penampang berbentuk lingkaran. Penampang yang berada tepat di tengah-atas casing belakang ponsel tersebut berfungsi sebagai alat pemindai sidik jari.

Ponsel berukuran 5,5 inci ini memiliki bodi yang terbuat dari logam. Hati-hati menggenggamnya karena bodi ponsel terasa sangat licin.

baca juga : kumpulan aplikasi edit foto keren, download aplikasi edit foto gratis, aplikasi edi foto android terbaru

Bila pengguna tergolong ceroboh dan mudah menjatuhkan ponsel yang licin, cukup pasang casing berbahan plastik yang disertakan dalam paket pembelian. Setidaknya akan mengurangi risiko ponsel jatuh karena pegangan terasa lebih mantap dan tidak licin saat memakaicase.

Lenovo Vibe K4 Note, Banyak Fitur Menarik dengan Harga Bersahabat

Ponsel dua jutaan tak selalu membawa kualitas “kelas dua”. Prinsip itu yang hendak disampaikan Lenovo melalui ponsel Vibe K4 Note yang resmi meluncur di Tanah Air pada Maret 2016 lalu.

Vibe K4 Note baru dengan nomor model A7010a48 ini merupakan evolusi dari Lenovo K4 Note sebelumnya (A7010) keluaran Desember 2015. Dua kakak-beradik itu sepintas mirip dari segi desain maupun spesifikasi. Hanya saja, Vibe K4 Note hadir sebagai penyempurnaan dari sang kakak.

baca juga : download pes 2017 androidcara instal pes 2017 android , cara download pes 2017
Tak cuma membenamkan spesifikasi tangguh di kelasnya, Vibe K4 Note juga memanjakan para pecinta film dan musik. Seperti apa kemampuannya?

Desain simple dan fungsional

Jika Anda pernah memegang A71010, maka Vibe K4 Note tak akan menghadirkan kejutan baru. Ponsel itu masih mengusung layar 5,5 inci dengan tampilan Full HD beresolusi 1080×1920 piksel.

Sisi atas dan bawah layar dipatrikan kisi-kisi speaker yang simetris. Keduanya berfungsi mengeluarkan suara lawan bicara via telepon atau audio dari pemutar musik dan video.

Ada pula lampu indikator, kamera 5 megapiksel, serta tiga tombol navigasi yang bisa dilihat pada sisi depan Vibe K4 Note. Tombol-tombol navigasi itu berupa soft button sehingga terkesan menyatu dengan layar sentuh.

baca juga : cara mendapatkan pikachu , cara mudah mendapatkan pikachucara mudah mendapatkan pokemon legendaris

Melirik ke sisi samping, Vibe K4 Note menghadirkan kesan sederhana dan elegan dengan balutan aluminium yang kokoh. Empat sudutnya dibikin tumpul agar terkesan futuristik dan anti kaku.

Hanya ada dua tombol fisik yang tertanam di sisi samping kanan ponsel. Masing-masing berfungsi untuk menurunkan dan menaikkan volume serta mematikan dan menghidupkan layar.

baca juga : kumpulan formasi th 9 coc , formasi base th 9 coc , formasi th 9

Menengadah ke atas, ada port audio jack 3,5 mm standar untuk menghubungkan ponsel dengan headset. Di sisi bawah tersemat portmicro-USB standar.

Jika ada skor kenyamanan pengenggaman, Vibe K4 Note bisa meraih nilai tinggi. Rancangan punggungnya bisa dibilang mantap mengikuti tekstur genggaman orang dewasa.

Lengkungannya pas dengan bahan plastik polikarbonat yang ringan namun tetap kokoh. Teksturnya kesat agar ramah bagi tangan yang suka berkeringat.

baca juga : cara jitu menambah followers instagram , cara memperbanyak followers instagram tanpa following , cara jitu memperbanyak followers

Tekstur demikian juga menambah nilai estetik smartphone yang jadi terkesan menggunakan material premium, meski sebenarnya berbahan plastik.

Kamera utama dengan sensor 13 megapiksel nangkring di sisi punggung bagian tengah atas. Kamera itu ditemani dual flash untuk menerangi subyek saat pemotretan dalam kondisi kurang cahaya.

Ada pula sensor pemindai sidik jari alias fingerprint scanner yang ditaruh di bawah kamera. Fitur keamanan ini bisa menjalankan beberapa fungsi seperti membuka kunci ponsel, menutup aplikasi untuk kembali ke laman home, serta membersihkan aplikasi-aplikasi yang terbuka.

Samsung Berikan 3 Pesan Pada Galaxy Note 7

Samsung Galaxy Note 7 mulai dipasarkan kembali setelah sempat ditarik (recall) karena masalah pada baterai. Di Amerika Serikat, tak kurang dari 500.000 unit Galaxy Note 7 versi perbaikan sudah beredar.

Untuk dapat membedakan versi lama dengan versi baru Galaxy Note 7, Samsung memberikan penanda berupa pesan saat pertama kali menyalakan smartphone. Pemberitahuan itu akan menjelaskan tiga kondisi ponsel.

baca juga : kumpulan aplikasi edit foto keren, download aplikasi edit foto gratis, aplikasi edi foto android terbaru

Pertama, ponsel telah ditarik dan sekarang sudah diperbaiki. Kedua, ponsel diproduksi pasca penarikan dari pasar (recall) sehingga benar-benar baru dan semestinya tak ada isu baterai sama sekali.

Ketiga, ponsel masih tipe lama dan belum diperbaiki. Bagi pengguna yang mendapat pemberitahuan versi ketiga, mereka diminta untuk segera mematikan ponsel dan menukarnya dengan perangkat baru di tempat pembelian.

Perhatikan ikon baterai

Selain pemberitahuan, ada penanda lain yang bisa diamati. Jika ikon status baterai pada Galaxy Note 7 berwarna hijau, artinya ponsel tersebut sudah aman. Sedangkan, jika ikon status baterai masih berwarna abu-abu, artinya pengguna perlu waspada dan segera minta tukar.

baca juga : kumpulan stiker bbm gratis anpa root, cara download stiker bbm gratis tanpa toot, kumpulan stiker bbm gratis 2016

Penanda terakhir adalah paket kemasan Galaxy Note 7. Jika ada embel-embel stiker “S” pada kotak kemasan, artinya perangkat itu sudah versi baru.

Kalau Anda merupakan pembeli Galaxy Note 7, Anda seyogyanya memperhatikan tiga penanda yang sudah dibuat Samsung, baik secara fisik (paket kemasan), maupun software (pemberitahuan dan warna status baterai).

Sebelumnya, sebanyak 2,5 juta unit Samsung Galaxy Note 7 ditarik dari pasaran. Penyebabnya adalah komponen baterai yang cepat panas dan berpotensi meledak saat dioperasikan.

baca juga : cara jitu menambah followers instagram , cara memperbanyak followers instagram tanpa following , cara jitu memperbanyak followers

Adu ketangguhan iPhone 7 dan Galaxy S7 Edge

Smartphone iPhone 7 dan Galaxy S7 Edge diketahui sama-sama dibekali material yang cukup baik di kelasnya. Namun, mampukah masing-masing material ini menahan uji jatuh yang dilakukan oleh vlogger teknologi PhoneBuff?

iPhone 7 dan Galaxy S7 Edge Beradu Ketangguhan

Pada pengujian pertama diawali dengan back drop. Dalam pengujian ini, Samsung Galaxy S7 Edge yang terbuat dari kaca ternyata mengalami retak. Sementara iPhone 7 yang terbuat dari aluminium mengalami sedikit goresan.

cara mendapatkan pikachu , cara mudah mendapatkan pikachucara mudah mendapatkan pokemon legendaris

kumpulan formasi th 9 coc , formasi base th 9 coc , formasi th 9

Setelah itu, bottom drop. Pada pengujian ini, kedua ponsel yang dijatuhkan ke alas beton mengalami beberapa lecet di bagian bawahnya. Kemudian pada pengujian side drop, Galaxy S7 Edge hanya mengalami goresan di bagian samping-atas, sedangkan iPhone 7 lecet-lecat di sampingnya. Beralih ke face drop. Pada pengujian ini, kedua ponsel mengalami retak dengan membentuk pola seperti jaring Spiderman.

cara jitu menambah followers instagram , cara memperbanyak followers instagram tanpa following , cara jitu memperbanyak followers